Pengaruh Pop Art di seluruh dunia

Memang Pop Art tidak termasuk dalam 7 pokok bahasan mata kuliah tinjauan desain satu di blog ini, tapi apa salahnya kita bahas sedikit, toh Pop Art juga merupakan salah satu bagian dari perkembangan desain di dunia.

Pengaruh Pop Art paling tampak jelas di sekitar adalah gaya gambar dari kartun-kartun dan komik-komik yang berciri 2 dimensi dan kebanyakan memiliki outline dalam gambarnya. Sehari-haripun kita bisa melihat gambar-gambar yang bersangkutan di sekitar kita, entah dalam iklan, poster, buku komik, apapun.

tanpa basa-basi, kami tunjukkan saja contoh-contoh gambarnya

spongebob! Narutoooo Potemayo komik indo Ragnarok Gunslinger

Jadi terlihat gaya-gaya gambar yang terkena pengaruh pop art di sini, 2 dimensi, kartun, warna-warna yang blok, dan sebagainya. Yang pertama adalah spongebob, kartun amerika yang tayang di saluran Nickelodeon. Cukup terkenal di TV Indonesia tahun lalu dan mungkin sekarang juga masih.

Kemudian gambar kedua dan ketiga adalah dari anime. Yang bergambar anak muda memakai baju orange (seperti tukang sampah menurut anggota kami Prasetyo) adalah Naruto, anime yang sedang digemari banyak anak-anak Indonesia sekarang ini (bahkan sampai kehilangan nyawa. bravo). Lalu yang bergambar makhluk kecil imut-imut itu berjudul “Potemayo”, anime yang mungkin tidak dikenal sama sekali di Indonesia kecuali di kalangan pecinta anime yang cukup hardcore. Kenapa saya (Kecoabakar, Alvin D.) memilih judul yang tidak terkenal untuk ditampilkan? Ya karena imut. Saya suka yang imut-imut. Tapi mengesampingkan terkenal tidaknya atau imut tidaknya, gaya gambar dari anime secara tidak langsung juga terkena pengaruh Pop Art secara awal mulanya anime adalah tiruan dari kartun Amerika.

Gambar keempat adalah komik Indonesia berjudul Benny & Mice. Kita dapat melihatnya di koran Kompas tiap hari Minggu bersama dengan Panji Koming dan komik-komik lokal lainnya. Di sini juga tentunya terlihat ciri-ciri yang terlihat di komik-komik pada umumnya, 2 dimensi dengan outline. Benar, sekali lagi, merupakan salah satu ciri Pop Art.

Yang terakhir merupakan ilustrasi karakter “Gunslinger” dari game online yang sempat booming di Indonesia, RAGNAROK ONLINE. Game ini berasal dari Korea, namun dari gaya gambarnya terlihat pengaruh dari anime, yang dipengaruhi kartun Amerika. Begitulah, pada akhirnya Pop Artlah yang mempengaruhi gaya desain game ini.

Masih banyak lagi contoh-contoh selain yang saya paparkan yang bisa kita temui di sekitar kita. Saya pernah diajarkan bedanya pop dan klasik, yaitu pop bersifat populer dalam waktu yang singkat saja, sementara klasik adalah selamanya (credit goes to Mr. Yassir Malik). Namun bisa kita lihat bahwa ada juga yang abadi dari pop, pengaruhnya…

2 Tanggapan to “Pengaruh Pop Art di seluruh dunia”

  1. kecoabakartd1a Says:

    Dude gw ada poster pop art tu dirumah mao masukin ngga ???

  2. kecoabakartd1a Says:

    klo ada yg mo cari poster pop art pesen aj ke kamarkarma.multiply.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: